Curent : Beranda » Artikel »

Membuahkan Tabulampot Gedong Gincu


Membuahkan Tabulampot Gedong Gincu

Cara paling ampuh memacu keluarnya bunga pada tanaman mangga yang sulit berbuah di dalam pot seperti mangga Gedong Gincu dan Irwin ialah dengan menggunakan bahan aktif paklobutrazol.

Mangga adalah "tanaman terminal" alias berbunga di ujung. Paklobutrazol yang diberikan pada tanaman sehat akan 'melumpuhkan' titik tumbuh sehingga pertumbuhan daun baru terhambat sementara fotosintesis tetap berlangsung sehingga rasio C/N pada tajuk tinggi. Akibatnya, setelah titik tumbuh pulih yang keluar calon bunga, bukan daun baru.

Paklobutrazol bekerja dengan menghambat pertumbuhan sel meristem dan mendorong perkembangan ke arah induksi bunga melalui 2 cara. Yang per-tama merubah keseimbangan hormon dengan menginduksi produksi etilen yang merangsang pembungaan. Yang kedua menekan laju pertumbuhan sehingga akumulasi nitrogen dikurangi. Dampaknya C/N rasio pada tajuk tinggi. Pengaturan waktu pemberian paklobutrazol itulah yang membuat panen mangga dapat diatur. Paklobutrazol sebanyak 5-10 ml paklobutrazol dapat dilarutkan dalam 10 l air di dalam penggunaannya. Larutan itu lalu disiramkan di sekitar pangkal batang sejauh 50 Cm.

Dalam jumlah tepat pemberian hormon mengubah keseimbangan hormonal yang menggeser fase vegetatif ke fase generatif. Sedangkan kekeringan menekan serapan air sehingga serapan nitrogen turun sehingga C/N rasio meningkat. Kekeringan pada tanaman pun merangsang tanaman memproduksi etilen. Produksi etilen endogen itu menginduksi pembungaan.

Di Indonesia Paklobutrazol dipasarkan dengan merk dagang seperti Cultar, Patrol, dan Goldstar. Aplikasi Paklobutrazol pada bulan-bulan Januari dan Februari, akan membuat mangga berbunga pada bulan Februari dan Maret. Hingga panen mangga akan terjadi pada Juni dan Juli. Berarti maju 3 bulan dari musim panen raya yang selalu terjadi pada bulan Oktober setiap tahun.

Pemberian Paklobutrazol secara berlebihan sangat dianjurkan untuk dihindari, pemberian Paklobutrazol secara berlebihan akan mengakibatkan ranting tanaman terhambat pertumbuhan vegetatifnya. Ranting menjadi beruas pendek-pendek, daun juga mengecil dan tebal serta tampak tua. Dampak lainnya dari terhambatnya pertumbuhan vegetatif adalah, pada musim berikutnya tanaman akan sulit untuk menumbuhkan bunga, meskipun dipacu dengan pemangkasan, pemupukan dan kondisi stres air.

Sumber : LembahPinus.com


GAPOKTAN CITRA NIAGA TANI
Hp. 0857 9329 7777
Email : gapoktan.citraniagatani@gmail.com
Alamat : Jln. Raya Nanggewer No 1 Desa Nanggewer Kecamatan Sukahaji Majalengka Jawa Barat, 45471
tag : tanaman, buah, unggul, mangga, okulasi,