Curent : Beranda » Artikel »

BROTOWALI (TINOSPORA CRISPA. L)


BROTOWALI (TINOSPORA CRISPA. L)
Tanaman brotowali tumbuh merambat, kulit batangnya berbenjol-benjol, berkutil dan berasa sangat pahit.   Daun brotowali berupa daun tunggal, berbentuk jantung dengan ujung runcing, tepi rata, tulang daun menjari, panjang 6-13 Cm, lebar 7-14 Cm, berwarna hijaumuda dan halus.   Tangkai daun memiliki panjang antara 3-11 Cm dengan pangkal bengkok dan membesar.   Bunganya kecil dan berwarna hijau keputihan.
 
Bagian tanaman brotowali yang banyak digunakan untuk obat adalah batangnya.   Batang brotowali mengandung zat pahit, yaitu pikoretin dan senyawa lainnya seperti berberin, tinokrisposid, saponin, tannin, kolumbin, palmatin, kaempferol, dan pati.
 
MANFAAT BROTOWALI
 
Brotowali dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya rematik, demam kuning, demam, kencing manis, kudis dan mengobati luka.
 
1. Kencing manis.
 
Ambil brotowali kering, sambiloto kering daun sendok kering dan ciplukan kering masing-masing 10 gram kemudian semua bahan direbus dalam 8 gelas air hingga tersisa 4 gelas, kemudian disaring dan diminum dalam keadaan hangat.   Dianjurkan ramuan diminum 1 jam sebelum makan sebanyak 3 kali sehari.
 
2. Rematik.
 
Ambil brotowali kering 15 gram, gandarusa kering 10 gram, Sidaguri kering 5 gram, madu secukupnya dan kunyit  10 gram kemudian semua bahan direbus dalam 8 gelas air hingga tersisa 4 gelas, kemudian disaring dan diminum dalam keadaan hangat.   Dianjurkan ramuan diminum 1 jam sebelum makan sebanyak 3 kali sehari.
 
3. Demam.
 
Ambil brotowali kering 10 gram, sambiloto kering 10 gram, pegagan kering 10 gram dan kunyit kering 7 gram kemudian semua bahan direbus dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, kemudian disaring dan diminum dalam keadaan hangat.   Dianjurkan ramuan diminum 1 jam sebelum makan sebanyak 2 kali sehari.
 
4. Luka.
 
Ambil daun brotowali segar 30 gram, pegagan segar 20 gram, Mimba segar 20 gram kemudian semua bahan ditumbuk hingga menjadi pasta, kemudian ditempelkan pada tempat yang luka.   Ramuan diganti 2 kali dalam sehari.   Sebelum diganti, luka dicuci dengan rebusan batang brotowali.
 
5. Badan gatal-gatal.
 
Ambil batang dan daun brotowali segar 50 gram, sambiloto segar 50 gram, Mimba segar 50 gram kemudian semua bahan direbus dalam air hingga mendidih, kemudian dicampur dengan air dingin dan digunakan untuk mandi.

GAPOKTAN CITRA NIAGA TANI
Hp. 0857 9329 7777
Email : gapoktan.citraniagatani@gmail.com
Alamat : Jln. Raya Nanggewer No 1 Desa Nanggewer Kecamatan Sukahaji Majalengka Jawa Barat, 45471
tag : tanaman, manfaat,